Cara Mudah Berternak Bebek

Ternak Ayam ~ Ada banyak yang bisa dimanfaatkan dari bebek, hewan yang satu ini kotorannya bisa menjadi pupuk,  daging dan telurnya dapat dikonsumsi untuk kebutuhan makanan sehari-hari. Untuk bagaimana cara berternak bebek yang baik ada banyak teknik untuk melakukan hal itu.


Namun sebelum seorang peternak memulai usahanya, harus menyiapkan diri dengan pemahaman tentang perkandangan, bibit unggul, pakan ternak, pengelolaan dan pemasaran hasil. Misalnya bagaimana pemeliharaan anak bebek (5-8 minggu), pemeliharaan bebek Dara (umur 8-20 minggu ke atas) dan pemeliharaan bebek petelur (umur 20 minggu ke atas). Masa produksi telur yang ideal adalah selama 1 tahun. Produksi telur rata-rata bebek lokal berkisar antara 200-300 butir per tahun dengan berat rata-rata 70 gram. Bahkan, bebek alabio memiliki produktivitas tinggi di atas 250 butir per tahun dengan masa produksi telur hingga 68 minggu.

Kandang ternak bebek yang ideal adalah 1 M2 maksimal diisi dengan 7 ekor jika kurang dari 7 lebih baik, selain itu perhatikan kualitas bibit (DOD), jika anda ingin membudidayakan bebek petelur maka perbandingan bibit jantan dan betina yang baik adalah 2 : 1 (2 ekor betina satu ekor jantan), ini untuk meningkatkan peluang produksi.

Persiapan bibit (DOC atau dara), jika anda ingin berproduksi dengan cepat maka sebaiknya bibit yang anda beli adalah bebek dara, namun jika anda ingin biaya bibit berkurang maka anda bisa membeli DOC bebek petelur atau pedaging. DOC atau bebek dara sama-sama memiliki kelebihan dan keunggulan, harga DOC bebek lebih murah daripada bebek dara namun bebek dara lebih cepat berproduksi daripada DOC. Jika anda membeli DOC maka perawatan DOC harus dilakukan sesempurna mungkin terutama menyangkut pemanasan DOC dan Vaksinasi. Dan jika anda memilih bebek dara maka vaksinasi dan penghangat kandang tidak diperlukan lagi.

Persiapan pakan, untuk efisiensi biaya budidaya bebek sebaiknya pakan dikombinasikan antara pakan pabrik (pelet) dan pakan olahan sendiri, beberapa alternatif pakan tambahan untuk bebek pedaging dan petelur antara lain keong mas, sayuran, makanan sisa, pelet buatan, pakan ayam kampung. Pemberian pakan sebaiknya langsung banyak (1 kali satu hari), dalam berternak budidaya bebek dan unggas lainnya semakin sering (frekuensi) pemberian pakan maka kualitas pertumbuhan bebek akan semakin baik terutama untuk anak bebek. Ini juga berhubungan erat dengan efisiensi pemberian pakan, unggas cenderung kurang menyukai pakan yang sudah lama.

Perawatan Bibit Bebek, Bibit (DOD) yang baru saja tiba dari pembibitan, hendaknya ditangani secara teknis agar tidak salah rawat. Adapun penanganannya sebagai berikut : bibit diterima dan ditempatkan pada kandang brooder (indukan) yg telah dipersiapkan sebelumnya. Dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam brooder adalah temperatur brooder diusahakan yang anak bebek tersebar secara merata, kapasitas kandang brooder (box) utk 1 m² mampu menampung 50 ekor DOD, tempat pakan dan tempat minum sesuai dgn ketentuan yaitu jenis pakan bebek fase stater dan minumannya perlu ditambah vitamin/mineral. Perawatan calon Induk Bebek ada dua macam yaitu induk untuk produksi telur konsumsi dan induk untuk produksi telur tetas.

Perawatan keduanya sama saja, perbedaannya hanya pada induk untuk produksi telur tetas harus ada pejantan dengan perbandingan 1 jantan untuk 5 sampai 6 ekor betina. Reproduksi dan Perkawinan Bebek dimaksudkan untuk mendapatkan telur tetas yang fertil/terbuahi dengan baik oleh bebek jantan. Sedangkan sistem perkawinan dikenal ada dua macam yaitu bebek hand mating/pakan bebek yang dibuat oleh manusia dan nature mating (perkawinan bebek secara alami). Sanitasi kandang Bebek mutlak diperlukan dalam pemeliharaan bebek dan tindakan preventif (pencegahan penyakit) perlu diperhatikan sejak dini utk mewaspadai timbulnya penyakit. Pengontrol Penyakit Bebek Dilakukan setiap saat dan secara hati-hati serta menyeluruh. Cacat dan tangani secara serius bila ada tanda-tanda kurang sehat pada itik.

Referensi saya :
  • http://kesehatan-ternak.blogspot.com/2013/03/budidaya-ternak-bebek-skala-kecil-dan.html
  • http://budidaya-petani.blogspot.com/2013/01/teknik-cara-beternak-itik-bebek.html
  • http://kesehatan-ternak.blogspot.com/2013/03/cara-ternak-bebek-pedaging-dan-petelur.html
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Cara Mudah Berternak Bebek Silahkan baca artikel Ternak Ayam Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Cara Mudah Berternak Bebek Sebagai sumbernya

0 Response to "Cara Mudah Berternak Bebek"

Post a Comment

Cara Beternak Lainnya