Cara Pemberian Makanan Pada Kawanan Ayam

Ternak Ayam ~ Pada artikel saya sebelum mengenai Cara Memelihara Kawanan Ayam Umur 2 Bulan sampai 6 Bulan sekarang saya akan membahas tentang Cara Pemberian Makanan Pada Kawanan Ayam. Ilmu pengetahuan memberi petunjuk-petunjuk kepada kita dalam faktor cara memberi makanan. Tetapi pemberian makan adalah suatu seni, pemberian makan pada ayam harus memperhatikan kondisi dan produktivitas pada ayamnya. Dan juga harus mempunyai kecakapan dalam mencampur makanan dalam komposisi yang tepat, mempunyai rasa yang enak dan seekonomis mungkin.


Dalam batas-batas tertentu, sebagian besar makanan yang dimakan dicerna dan dikonversikan dalam bentuk daging dan telur. Untuk mencapai ini perlu ransum (susunan) yang tepat dan dalam jumlah yang tepat pula agar dapat memenuhi kebutuhan untuk pertumbuhan badan, kebutuhan pokok hidup dan produksi telur.

Untuk pertumbuhan ini diperlukan zat-zat untuk pembentukan daging, bulu, yang hampir semua terdiri dari protein. Untuk pokok hidup yaitu penggantian sel-sel yang rusak. Energi untuk mempertahankan temperatur badan, seperti pergerakan, pencernaan, semua memerlukan tenaga. Tambahan makanan diperlukan untuk produksi telur. Untuk mendapatkan keuntungan dalam usaha peternakan ayam anda harus mendapatkan telur, dan untuk mendapatkan telur ini harus selalu memberi makan. Agar mendapatkan telur yang banyak tidak hanya diperlukan makanan yang tersedia tetapi juga harus mempunyai kwalitas yang tinggi.

Ayam ini merupakan pabrik kecil dan hanya dengan memberinya bahan baku (makanan) dalam jumlah yang besar dan bermutu akan dapat memprodusir hasil yang baik berupa telur dan daging. Ingatlah bahwa ayam dengan berat badan 2 kg dapat memprodusir 200 telur dengan berat 50 gram per-butir dalam setahunnya.

Disamping protein juga vitamin dan mineral harus selalu cukup tersedia. Untuk kadar serat kasar jangan lebih dari 7 % dan kadar lemak 5 %. Makanan yang diberikan pada ayam petelur terdiri atas makanan halus dengan kadar protein 20 % dan makanan berbutir dengan kadar protein 10 %, yang terdiri campuran 2 bagian beras merah, 2 bagian jagung, dan 1 bagian kacang hijau. Untuk ayam Leghorn dapat diberikan 100 gram, untuk ayam Red diberi 120 gram sehari. Banyak makanan yang diberikan, makanan halus dan makanan berbutir berbanding : 1 berarti : 50 gram makanan halus dan 5 gram makanan berbutir.

Cara memberikannya secara kering-kering, untuk makanan halus boleh juga dbasahi sedikit. Sebaliknya makanan dibagi dan diberikan beberapa kali sehari. Pagi hari hanya diberikan makanan halus yaitu 2/3 nya dari makanan halus. Siang hari 1/3 dari sisanya dan sedikit makanan berbutir dan Sore hari diberi makanan berbutir sisanya. Dengan demikian ayam-ayam itu tinggal tenang dalam kandang dan dapat tidur dengan perut penuh.

Disamping ransum tersebut, ayam-ayam itu perlu diberi makanan hijau. Makanan hijau berupa rumput dapat dimakan sesuka hati, bila ayam ini dilepas dilapangan pengumbaran yang ditanami rumput. Apabila ayam petelur dipelihara secara pengurungan maka makanan hijau perlu diberikan yang berupa selada air, rumput, daun semanggi, daun turi, dan sebagainya. Hijauan ini diberikan sesudah makan pagi dihabiskan.

Mineral yang diberikan pada umumnya tepung tulang (Calcium dan Fosfor). Bila terdapat tanda kekurangan mineral, diberikan campuran mineral yang lebih sempurna. GRIT perlu disediakan berupa pasir dan kulit keong.

Sekian !!!

Baca juga Cara Memberi Makan Anak Ayam Umur 1 Hari sampai 2 Bulan
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Cara Pemberian Makanan Pada Kawanan Ayam Silahkan baca artikel Ternak Ayam Tentang | Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Cara Pemberian Makanan Pada Kawanan Ayam Sebagai sumbernya

1 Response to "Cara Pemberian Makanan Pada Kawanan Ayam"


  1. Cara Pemberian Makanan Pada Kawanan Ayam
    judi sabung ayam
    Daftarkan diri anda dan teman anda bersama BOLAVITA

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    whatup : 08122222995

    ReplyDelete

Cara Beternak Lainnya