Cara Mengobati Penyakit Pullorum Pada Ayam

Ternak Ayam ~ Penyakit ini dikenal juga sebagai penyakit berak kapur. Biasanya ayam sakit yang kena pullorum, meskipun kelihatannya sudah sembuh, sesungguhnya masih mengidap penyakit yang dapat ditularkan pada ayam lain atau keturunannya.

Berikut penjelasannya di bawah ini

Gejala Penyakit Pullorum Pada Ayam

  • Nafsu makan berkurang
  • Tubuh ayam lemah
  • Bulu kusam sayap menggantung
  • Kotoran mencret berwarna putih dan lengket
  • Banyak melekat pada bulu-bulu sekitar dubur
  • Penyerangan pada anak ayam menyebabkan kematian tinggi
  • Pada pemeriksaan bedah bangkai terlihat peradangan pada saluran percernaan, hati bengkak, jantung bercak-bercak putih.

Penyebab, pencegahan dan pengobatan Penyakit Pullorum

Sanitasi kandang dan peralatan dengan membersihkan sesering mungkin kotoran dari kandang dan mencuci tempat minum pakan, disamping secara teratur dilakukan penyemprotan kandang dengan desinfektan. Induk-induk yang pernah terserang penyakit pullorum berikut telur-telurnya jangan dijadikan sebagai bibit, bahkan jangan dipakai untuk mengeramkan telur-telur.

Pemberian obat anti bakterial dapat diberikan pada ayam-ayam sehat sesuai dosis dan umur pemberian yang diajurkan. Singkirkan ayam-ayam yang terkena penyakit dari ayam-ayam sehat. Ayam sakit dapat diobati dengan obat anti bakterial (sulfa) dengan dosis pengobatan sesuai yang dianjurkan. Kandang ayam sakit dibersihkan tiap hari dari kotorannya, kemudian dilakukan penyemprotan dengan desinfektan.
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Cara Mengobati Penyakit Pullorum Pada Ayam Silahkan baca artikel Ternak Ayam Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Cara Mengobati Penyakit Pullorum Pada Ayam Sebagai sumbernya

0 Response to "Cara Mengobati Penyakit Pullorum Pada Ayam"

Post a Comment

Cara Beternak Lainnya