Mengenal Tepung Ikan Untuk Makanan Ayam

Ternak Ayam ~ Tepung ikan merupakan bahan makanan unggas yang umumnya kerap digunakan. Tepung ikan ini digunakan sebagai sumber protein, asam amino yang lengkap dan berimbang, sumber kalsium dan banyak vitamin dan mineral lainnya. Karena kandungan gizinya yang nyaris sempurna. Tepung ikan mempunyai harga absolut yang relatif mahal.


Tepung ikan masih terus digunakan untuk menyeimbangkan kebutuhan asam amino. Walaupun demikian jumlah yang digunakan kurang dari 10 %, dengan alasan khawatir mempengaruhi bau pada daging dan telurnya. Tetapi dari beberapa penelitian yang dilakukan, dengan kandungan tepung ikan antara 18-26 % dari total ransum, ternyata tidak mempengaruhi bau pada daging.


Tepung ikan yang ada di Indonesia umumnya diimpor dari Thailand, Chili dan negara lainnya. Memang aneh kedengarannya, Indonesia sebagai negara bahari ternyata tidak mampi menghasilkan tepung ikan bagi ternak. Kualitas tepung ikan juga berbeda-beda, menurut sumbernya. Tepung ikan lokal kerap kali dicampur dengan urea atau pasir laut. Memang banyak pihak melakukan kecurangan dalam hal ini.

Tepung ikan berasal dari Chili, dalam beberapa kasus dapat menimbulkan Gizzerosin, yaitu ayam mati mendadak karena muntah darah hitam, bila dibuka pada bagian gizzarnya akan terlihat dinding gizzar hancur luluh. Penyakit ini disebabkan tepung ikan yang berasal dari Chili mengandung racun. Mortalitas dapat mencapai 17-19 % dari total ayam yang dipelihara. Tetapi umumnya tepung ikan impor berkualitas lebih baik dari pada tepung ikan lokal.

Hingga kini tepung ikan belum dapat digeser oleh bahan lain, dan di Indonesia masih besar sekali peranannya baik untuk menyusun ransum Ayam Ras maupun Ayam Buras. Beberapa bahan makanan lain yang juga diberikan kepada ayam umumnya hanya sebagai tambahan atau pelengkap. Baca juga Tips Pemberian Makan Ayam Buras

Referensi : Search Google
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Mengenal Tepung Ikan Untuk Makanan Ayam Silahkan baca artikel Ternak Ayam Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Mengenal Tepung Ikan Untuk Makanan Ayam Sebagai sumbernya

1 Response to "Mengenal Tepung Ikan Untuk Makanan Ayam"

  1. Pemberian Obat Tradisional Untuk Ayam Setelah Di Adu wajiblah dilakukan, Hal ini bertujuan untuk kelangsungan kualitas Ayam aduan anda sendiri. Efek pertarungan yang berlangsung, membuat ayam aduan kehilangan stamina dan juga mengalami luka ringan ataupun luka berat.

    Obat tradisional bisa menjadi salah satu alternatif yang baik untuk ayam aduan, karena lebih minim resiko efek samping bila di bandingkan dengan obat-obatan pabrik yang banyak di pasaran. Dalam pembahasan kali ini, pemainayam.vip akan mengulasnya untuk sobat semuanya. Silahkan simak sampai habis ya.

    Kunjungi Link Dibawah :
    https://pemainayam.vip/obat-tradisional-untuk-ayam-setelah-di-adu/

    ReplyDelete

Cara Beternak Lainnya