Mengetahui Kualitas Telur Ayam

Ternak Ayam ~ Tak gampang menandai telur tetas yang berkualitas. Perlu keterampilan khusus untuk mengenalnya. Lebih jelasnya, berikut ciri-ciri telur tetas yang berkualitas.

Kerabang Telur Bersih

Kerabang harus bebas dari kotoran ayam (feses) karena di dalamnya terdapat jamur atau bakteri yang dapat merusak embrio. Telur yang kotor sebaiknya tidak ditetaskan. Namun, ada juga peternak yang mencuci telur yang kotor sebelum ditetaskan. Padahal tanpa disadari pencucian telur dapat menyebabkan lapisan penutup kerabang (kutikel) terkelupas. Imbasnya, pori-pori kerabang terbuka dan air dalam telur menguap dengan cepat sehingga embrio yang sedang tumbuh menjadi kering. Telur juga menjadi lebih mudah dimasuki bakteri dan jamur.

Kalaupun pencucian telur tetap dilakukan, gunakan air hangat (sekitar 40 derajat celcius) untuk mencucinya. Tambahkan juga pemutih pakaian sebanyak satu sendok makan untuk satu liter air. Telur yang paling kotor dicuci paling akhir. Pada saat melepaskan kotoran yang menempel pada telur, gosok dengan pola searah, jangan bolak-balik. Gunakan lap yang basah ketika menggosokkannya. Untuk menghasilkan telur yang bersih, ayam diupayakan bertelur di sarangnya.

Keutuhan Kerabang

Kondisi kerabang telur yang akan ditetaskan harus utuh. Apabila retak, bibit penyakit dapat dengan mudah masuk melalu bagian yang retak tersebut. Kerabang yang retak juga dapat menyebabkan isi telur merembes ke luar.

Permukaan Kerabang

Ciri kerabang telur yang normal adalah permukaannya licin. Permukaan telur yang kasar menandakan proses penempelan bahan kerabang berupa zat kapur (CaCO3) tidak merata. Akibatnya penguapan air dan zat asam (CO2) dari dalm telur ketika embrio sedang berkembang juga tidak merata. Karena itu, telur yang permukaan kerabangnya kasar seringkali tidak bisa menetas.

Bentuk Telur

Telur yang normal berbentuk oval. Bentuk telur berpengaruh terhadap luas permukaan telur. Sementara itu, luas permukaan telur berpengaruh terhadap cepat atau lambatnya penguapan zat asam dan air dari dalam telur. Bentuk telur yang terlalu bulat atau terlalu lonjong biasanya berdaya tetas rendah.

Bobot Telur

Umumnya telus tetas yang berukuran besar juga menghasilkan DOC yang berukuran besar. Demikian juga bobot anak ayam yang berasal dari telur tetas berukuran besar akan tumbuh dan mencapai bobot badan siap potong lebih cepat dibandingkan dengan anak ayam yang berasal dari telur tetas berukuran lebih kecil. Bobot ideal telur tetas ayam kampung adalah 40 sampai 45 gram.

Sumber : Ayam Kampung Pedaging oleh Ir. Hadi Iswanto
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Mengetahui Kualitas Telur Ayam Silahkan baca artikel Ternak Ayam Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Mengetahui Kualitas Telur Ayam Sebagai sumbernya

0 Response to "Mengetahui Kualitas Telur Ayam"

Post a Comment

Cara Beternak Lainnya