Usaha Ternak Ayam Kampung

Ternak Ayam ~ Buatlah kandang yang terpisah dari rumah, buatlah alas kandang kira-kira 40 cm dari tanah, agar tetap kering dan mudah membersihkan kotoran.

Kandang diarahkan ke timur dan dinding depan dibuat dari bambu belah dengan jarak kira-kira 3 cm, agar cahaya matahari pagi dapat masuk ke kandang. Tempat bertelur, buatlah dari kotak yang alasnya diberi jerami. Sediakan tempat untuk bertengger dari kayu atau bambu.

Cari Benih Yang Berkualitas

Untuk bibit yang dari telur, pilihlah telur yang bulat jangan lonjong. Bila bibit dari ayam pilihlah yang gemuk dan sehat, cari yang gerakannya lincah dan bulunya mengkilat. Banyak telur yang dierami induk maksimal 12 butir. Telur ayam akan menetas 21 hari.

Lakukan Pemberian Pakan Dengan Baik Dan Teratur

Untuk anak ayam umur 0-2 bulan, berilah makan dari bekatul dan tepung ikan, tambahkan vitamin A, D, dan B Komplek sebanyak 1% dari makanan. Makanan dan minuman letakkan diluar kandang yang dapat dijangkau oleh ayam.

Untuk anak ayam umur 3 bulan ke atas, makanan dapat berupa jagung, padi (gabah) yang dicampur dengan antibiotik seperti vegofac, vitafak atau dapat pula ditambah hijauan antara lain daun pepaya, kangkung, bayam dipotong-potong, tepung kerang, bekicot atau siput pecah.

Penanggulangan Penyakit

Pemberian makanana dan minuman sebaiknya dicampur dengan air panas, sehingga perut ayam hangat, tidak mudah terkena penyakit. Usahakan kandang dalam keadaan kering dan bersih. Berilah minum yang dicampur obat, seminggu sekali. Bila ada ayam yang sakit, cepat dipisahkan agar tidak menular.

Sumber : Books Google
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Usaha Ternak Ayam Kampung Silahkan baca artikel Ternak Ayam Tentang | Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Usaha Ternak Ayam Kampung Sebagai sumbernya

0 Response to "Usaha Ternak Ayam Kampung"

Post a Comment

Cara Beternak Lainnya