Cara Merawat Bulu Ayam Bangkok

Cara Merawat Bulu Ayam Bangkok ~ Kadangkala ayam bangkok peliharaan kita mengalami hal yang tidak kita sukai, misalnya saja bulu ayam Bangkok kita rusak akibat habis turun arena (bagi ayam Bangkok aduan). Hal ini terjadi diluar dugaan kita. Nah maka dari itu, pada kesempatan kali ini, saya berkesempatakan berbagai kepada anda mengenai cara merawat bulu ayam Bangkok rusak ataupun yang tidak rusak.

Jika Bulu Ayam Bangkok Patah

Jika bulu ayam Bangkok patah, merawat bulu ayam bisa dengan cara disambung atau ditusuk pada pangkal, bisa juga disambung tempel. Merawat bulu ayam bangkok dirasa perlu agar pesona dan kharisma ayam bangkok tetap terjaga. Bahkan ada anggapan bahwa bulu ayam bangkok istimewa bisa menunjukan kualitas ayam.

Gunakan Kemin Untuk Merawat Bulu Ayam Bangkok


Kemin digunakan agar warna bulu ayam terlihat kemilau dan berwarna kekuningan. Kemin juga di gunakan untuk ayam bangkok yang asli impor dari negara Thailand. Banyak sekali manfaat dan kegunaan kemin untuk bulu ayam bangkok, selain akan memperlihatkan warna keindahan bulunya, Kemin juga mampu untuk menebalkan kulit ayam bangkok serta mampu melancarkan udara di sekitar bulu halusnya. Untuk itu menggunakan kemin ini, bisa kita aplikasikan dengan cara mencampurkan dengan Kapur sirih dengan dosis Sama. Yang mungkin perlu anda ketahui, bulu halus ayam bangkok fungsinya sebagai alat pengatur suhu. Jika malam mampu untuk menahan dingin, namun jika siang keadaan panas, bulu halus ayam mampu sebagai alat pendingin suhu tubuh.

Mempercepat Ayam Bangkok Turun Bulu

Cara mempercepat prosesnya adalah dengan memberikan udang mentah sekitar 1-2 ons. Makanan utama adalah jagung, selama proses pelepasan bulu ayam tidak boleh terkena air, karena air bersifat mengencangkan bulu. Untuk memperkuat bulu ayam berikan minyak ikan dan jangkrik. Zat yang terkandung dalam minyak ikan dan jangkrik hampir mirip dengan kelenjar minyak yang terdapat di pangkal ekor ayam. Bila sayap ayam anda sering patah berikanlah minyak ikan dan jangkrik. Setiap hari berikan 5 ekor jangkrik pagi dan sore, sedangkan minyak ikan 1 minggu 2 kali masing masing 2 butir. Cepat atau tidaknya pertumbuhan bulu tergantung dari pada kesuburan ayam itu sendiri. Pastikan semua bulu ayam lengkap sebelum mulai bertarung, terutama bulu bagian sayap. Untuk menjaga mental setelah ayam selesai turun bulu ada baiknya di abar dengan ayam yang lebih muda, cukup 5-7 menit saja.

Memotong dan Mencabut Bulu Ayam Bangkok

Pemotongan dilakukan pada saat ayam masih berusia sekitar tiga minggu. Kenapa perlu dilakukan pemotongan ? Pertumbuhan bulu ayam yang panjang dan lebat biasanya membutuhkan energi dan asupan nutrisi yang tinggi. Oleh karena itu, pemotongan bulu ayam guna mengefisienkan pertumbuhan ayam hingga mencapai masanya untuk dikawinkan atau di adu. Belum cukup sampai umur tiga minggu, pada umur dua bulan cabutlah semua bulu pada punggung ayam, sehingga asupan nutrisi tidak diambil oleh pertumbuhan bulu ayam tersebut.

Referensi : Berbagai Sumber
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Cara Merawat Bulu Ayam Bangkok Silahkan baca artikel Ternak Ayam Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Cara Merawat Bulu Ayam Bangkok Sebagai sumbernya

0 Response to "Cara Merawat Bulu Ayam Bangkok"

Post a Comment

Cara Beternak Lainnya