Makanan Ayam Jawa Super Dan Cara Pemberiannya

Makanan Ayam Jawa Super Dan Cara Pemberiannya ~ Makanan dipergunakan makhluk hidup untuk pertumbuhan, mempertahankan kelangsungan hidup (survival), dan meneruskan keturunan. Pada dasarnya, pakan ayam jawa super sama dengan ayam kampung. Secara alami ayam jawa super dapat hidup hanya dengan memangsa makanan yang tersedia di sekitarnya, seperti serangga, cacing, bekicot, rumput-rumputan, limbah dapur, pasir atau kerikil-kerikil kecil.

Namun, karena dipelihara dan ditempatkan di dalam kandang, peternak harus menyediakan makanannya. Makanan yang diberikan biasanya berupa dedak, bekatul, bungkil kelapa, ampas tahu, jagung, kacang tanah, dan beras. Untuk menambah kandungan gizinya, bisa ditambahkan konsentrat, yaitu konsentrat untuk ayam pedaging atau konsentrat untuk ayam petelur. Saat ini pakan konsentrat sudah banyak beredar di pasaran, terutama di toko-toko yang menjual makanan ternak atau unggas.

Periode Umur Ayam

Pemberian pakan pada ayam jawa super harus disesuaikan dengan umur atau periode pertumbuhannya. Karena ayam jawa super termasuk jenis ayam yang rakus terhadap makanan, porsi makanan yang diberikan harus diperhatikan. Pemahaman pada periode ini diperlukan agar para peternak bisa mempersiapkan pakan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan ayam.

Periode Starter (Anakan, Umur 1 Hari - 2 Bulan)

Pada periode starter, pakan yang disediakan harus berupa bubuk atau butiran-butiran kecil yang disebarkan pada alas kertas di dalam boks pemeliharaan. Untuk menjaga kesehatannya, makanan ini harus diganti setiap hari. Pakan tersebut bisa dicampur dengan dedak, bekatul, tepung tapioka (tepung singkong), sagu, bekicot/keong, udang, dan ikan.

Periode Grower (Ayam Muda, Umur 2 - 4 Bulan)

Pada periode ini, ayam jawa super mengalami masa pertumbuhan (grower) dan masa persiapan produksi. Sebaiknya pakan diberikan secara bervariasi dalam jumlah yang mencukupi.

Periode Layer (Dewasa, Umur 4 Bulan Ke Atas)

Pada periode dewasa, ayam jawa super berada dalam masa siap bertelur. Karena itu, pakan yang diberikan harus benar-benar diperhatikan supaya kualitas dan kuantitas produksinya dapat terjaga.

Komposisi Pakan (Ransum)

Pakan yang paling mudah dan paling sering diberikan untuk ayam jawa super dewasa adalah campuran konsentrat, jagung giling, dan bekatul dengan perbandingan 1:2:2 (satu kilogram konsentrat dicampur dengan 2 kg jagung giling dan 2 kg bekatul). Barangkali, komposisi itu belum bisa dikatakan ideal, karena belum diketahui secara pasti kandungan protein, mineral, dan karbohidratnya. Rumus perbandingan komposisi pakan tersebut berasal dari pengalaman dan hasil uji coba para peternak ayam jawa super di daerah Purworejo, Jawa Tengah. Selama ini hasil yang diperoleh tidak mengecewakan, bahkan ayam-ayam jawa super tersebut dapat tumbuh gemuk dan sehat.


Karena termasuk ayam buras, tidak ada salahnya jika memberikan ransum kepada ayam jawa super, sesuai dengan rekomendasi Departemen Pertanian. Meskipun komposisi tersebut belum sepenuhnya sempurna, paling tidak telah mendekati ideal. Dengan mengetahui rumus komposisinya, setidaknya bisa ditentukan jenis-jenis bahan beserta jumlah yang diperlukan untuk dicampur menjadi pakan siap santap. Komposisi pakan tersebut dapat dikelompokkan sebagai berikut.
  • Kelompok bahan kaya hidrat arang, seperti jagung, padi, dedak, dan bekatul, sekitar 50-70 %.
  • Kelompok bahan kaya protein nabati, misalnya kedelai, kacang hijau, kelapa, dan kacang, sebesar 20-40 %.
  • Kelompok bahan kaya protein hewani, seperti tepung ikan, sebesar 6-10 %.
  • Campuran mineral, 2-5 %.

Beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan sebelum mulai mencampur bahan-bahan adalah bahan tersebut harus disukai oleh ayam, harganya murah dan mudah didapat, memenuhi kebutuhan biologis ayam, dan mampu mencapai sasaran produksi secara optimal. Selanjutnya, sesuai dengan kelompok bahan dapat disusun ransum ayam berdasarkan periode umurnya.
  • Ransum starter untuk anak ayam berumur satu hari hingga dua bulan. Ransum ini mengandung protein sebesar 19-21 %. Ransum yang digunakan biasanya berupa pakan jadi (511 dan BR-1) secara terus menerus hingga anak ayam tepat berumur dua bulan. Di samping pakan, diberikan juga minuman secara terus menerus. Untuk merangsang pertumbuhan, diberikan tambahan vitamin 2-3 hari dalam satu minggu, berupa Vita Stress atau Vitabro.
  • Ransum grower untuk ayam berusia 2-5 bulan. Kandungan protein ransum ini 16-18 %. Pada fase grower ransum yang biasa diberikan berupa campuran konsentrat untuk pedaging, jagung giling halus, dan bekatul dengan perbandingan 1:2:1. Selain ransum tersebut, perlu juga tambahan vitamin yang dicampurkan ke dalam air minum sebanyak 2-3 hari sekali dalam seminggu.
  • Ransum dewasa untuk ayam berumur di atas lima bulan. Kandungan protein ransum ini 17 %. Pada fase dewasa, ransum yang diberikan berupa campuran konsentrat, jagung giling, dan bekatul dengan perbandingan 1:2:2. Menurut peternak yang sudah cukup berpengalaman memelihara ayam jawa super, ayam dewasa bisa diberikan pakan tambahan sebagai berikut: (1) Mineral 1 sendok makan dicampurkan dengan 1 kg ransum. (2) Tepung ikan 1 sendok makan dicampurkan dengan 1 kg ransum. (3) Dedaunan hijau, seperti kangkung, bayam, dan kecambah. (4) Setelah bertelur, ayam betina dewasa diberi minuman suplemen berupa Egg Stimulant setiap pagi.
Pada ayam jawa super, kebutuhan pakan dan waktu pemberiannya dilakukan secara ad libitum atau tidak dibatasi, baik siang maupun malam hari. Pedoman pemberian jumlah ransum untuk ayam buras yang dikeluarkan oleh Departemen Pertanian bisa dijadikan sebagai patokan untuk mengetahui jumlah pakan yang dibutuhkan oleh ayam jawa super/ekor/hari sesuai dengan umurnya.

Oleh Mas Bagong Mulyono & Purnomo Raharjo
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Makanan Ayam Jawa Super Dan Cara Pemberiannya Silahkan baca artikel Ternak Ayam Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Makanan Ayam Jawa Super Dan Cara Pemberiannya Sebagai sumbernya

4 Responses to "Makanan Ayam Jawa Super Dan Cara Pemberiannya"

  1. AYO Bergabung Bersama AJOQQ | Menawarkan Berbagai Jenis Permainan Menarik.
    1 ID untuk 8 Permainan Poker, Domino, Capsa Susun, BandarQ, AduQ, Bandar Poker, Sakong, Bandar66 ( NEW GAME!! )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    - Bonus Cashback 0.3%. Dibagikan Setiap hari SENIN
    - Bonus referral 20% SELAMANYA
    - Minimal Deposit dan Withdraw hanya 15 rb Proses Aman & cepat
    - 100% murni Player vs Player ( NO ROBOT )
    Pin BB: 58cd292c
    website : www.ajoqq.org

    ReplyDelete
  2. ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add black.berry pin 58CD292C.

    ReplyDelete
  3. LIGABOLA Situs Betting Parlay paling terpecaya dan aman ya di LIGABOLA bosku, buruan Join di sini.

    #slot #slotonline #gameslot #bandarslot #ligabola #ligabolaslot

    ReplyDelete

Cara Beternak Lainnya