Cara Memelihara Kawanan Ayam Umur 2 Bulan sampai 6 Bulan

Ternak Ayam ~ Sebelum kita membahas tentang Cara Memelihara Kawanan Ayam Umur 2 Bulan Sampai 6 Bulan ada baiknya anda membaca dulu tentang Cara Memelihara Ayam Umur 1 Hari Sampai 2 Bulan. Setelah brooding telah berhasil dilakukan, pemeliharaan selanjutnya disebut kawanan (rearing).


Ada dua macam rearing yaitu dengan sistem pengurungan dan dengan sistem pengumbaran. Pilihan dari kedua sistem ini tergantung dari pada kesenangan anda dan juga tergantung fasilitas yang tersedia. Biasanya sistem pengumbaran jarang dipraktekkan, karena lebih praktis kalau dipiara secara pengurungan, mengingat halaman rumah tidak luas. Tiap-tiap dari 2 sistem ini mempunyai keuntungan tersendiri.

Keuntungan Pengurungan : 
  1. Tidak membutuhkan tanah yang luas
  2. Menghemat pekerja
  3. Ayam lebih mudah diawasi
  4. Mangsa atau hama sedikit
  5. Ayam-ayam dilindungi dari cuaca yang buruk
  6. Mudah dalam mengadakan pencatatan.
Keuntungan Pengumbaran : 
  1. Bila lapangan pengumbaran baik, dapat menghemat biaya makan
  2. Canibalisme jarang
  3. Bulu-bulu halus
  4. Meluasnya penyakit berkurang
  5. Dengan kurangnya kotoran lalat sedikit
  6. Ayam mendapat udara segar
Rearing Dengan Sistem Pengurungan
Makanan harus sesempurna mungkin, termasuk vitamin-vitamin dan mineral. Dalam pengurungan lantai bisa bentuk litter atau lantai basah. Untuk daerah-daerah tropis sebaiknya kandang terbuka dan harus luas dengan perlengkapan tempat makan dan minum, dan tempat bertengger.

Akomodasi                : 60 cm2 per-ayam
Tempat Bertengger    : Tidak diperlukan bila lantainya adalah litter

Bila perlu dibuatkan tempat bertengger, biasanya mereka mulai bertengger umur 4 – 5 minggu. Diusahakan tempat bertengger tidak tajam untuk menghindari sakit bubul pada kakinya.

Rearing Dengan Sistem Pengumbaran
Bila lapangan cukup luas, pengumbaran ini sangat baik untuk rearing, dan seharusnya banyak makan makanan hijau (rumput) dan ada tanaman peneduh. Tempat-tempat minum dan makan selalu harus dipindah-pindah untuk menghindari kontaminasi dan untuk menghindari rusaknya lapangan rumput. Kandang sedapat mungkin bisa sering dipindah-pindah, dan pada malam hari harus dikunci untuk menghindari dari pencuri.
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Cara Memelihara Kawanan Ayam Umur 2 Bulan sampai 6 Bulan Silahkan baca artikel Ternak Ayam Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Cara Memelihara Kawanan Ayam Umur 2 Bulan sampai 6 Bulan Sebagai sumbernya

0 Response to "Cara Memelihara Kawanan Ayam Umur 2 Bulan sampai 6 Bulan"

Post a Comment

Cara Beternak Lainnya