Mengenal Bangsa Ayam Kampung

Ternak Ayam ~ Ayam kampung merupakan ayam asli yang sudah beradaptasi dengan lingkungan tropis Indonesia. Masyarakat pedesaan memeliharanya sebagai sumber pangan keluarga akan telur, daging, dan sebagai tabungan yang sewaktu-waktu dapat diuangkan.


Permintaan daging ayam kampung oleh masyarakat pedesaan yang berpendapatan tinggi, sedang, dan rendah pernah mencapai 2,36; 1,54; dan 0,84 kg/kapita/tahun, sementara masyarakat perkotaan hanya mencapai 0,98; 0,73; dan 0,44 kg/kapita/tahun untuk masing-masing yang berpendapatan tinggi, sedang, dan rendah.


Daging dan telur ayam kampung bagi masyarakat merupakan panganan komplemen atau bisa merupakan panganan khusus, misalnya telur dipakai untuk campuran jamu tradisional dan daging ayam panggang atau ayam goreng bumbu kelapa sangat diminati konsumen berpenghasilan menengah dan berpenghasilan tinggi, serta sering dipakai pada acara khusus. Harga persatuan untuk telur maupun daging, relatif stabil dan lebih tinggi dibandingkan dengan harga persatuan produk ayam ras impor. Harga ayam afkir (tua) relatif lebih tinggi dibandingkan ayam afkir ayam ras impor.

Produksi telur rata-rata ayam kampung umumnya, mencapai 20 % (73 butir pertahun perekor) pada pemeliharaan semi intensif dan sekitar 30 % (110 butir pertahun perekor) pada pemeliharaan intensif. Bobot rata-rata pada umur 3 bulan ayam kampung pada pemeliharaan intensif mencapai 0,80 kg/ekor jantan dan 0,70 kg/ekor betina. Selain dijual hidup, juga dapat dijual karkas dan potongan karkas (paha, dada, sayap, ceker, kepala, hati, rempela, usus, jantung) yang mempunyai nilai harga jual tersendiri.

Pada umumnya DOC (day old chick atau anak ayam yang baru tetas) kampung sulit diperoleh. Namun dengan adanya sifat mengeram, yang berfungsi sebagai inkubator, peternak masih dapat memperoleh DOC dalam jumlah sedikit. Lebih jauh lagi perlu diketahui, bahwa untuk kondisi pemeliharaan sederhana, ayam kampung lebih tahan dibandingkan dengan ayam ras impor.
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Mengenal Bangsa Ayam Kampung Silahkan baca artikel Ternak Ayam Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Mengenal Bangsa Ayam Kampung Sebagai sumbernya

0 Response to "Mengenal Bangsa Ayam Kampung"

Post a Comment

Cara Beternak Lainnya