Mengenal Ayam Pelung, Kedu, dan Merawang

Ayam Pelung

Ayam pelung mempunyai ciri khas sebagai ayam penyanyi, namun mempunyai bobot per-ekornya relatif lebih tinggi dari ayam kampung.


Ayam pelung berasal dari Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Himpunan Peternak dan Penggemar Ayam Pelung Indonesia (HIPPAPI), pada akhir-akhir ini banyak mengembangkan ayam pelung dan melaksanakan kontes.


Manfaat lain adalah dijadikan sumber keturunan untuk dikawinkan dengan ayam kampung, yang mempunyai pertumbuhan lebih cepat dibandingkan dengan turunan ayam kampung murni.

Ayam Kedu

Ayam Kedu mempunyai ciri khas kebanyakan berwarna bulu hitam dan mempunyai kemampuan bertelur mencapai di atas 40 % pada pemeliharaan intensif. Perawakan ayam Kedu mirip dengan perawakan ayam kampung pada umumnya. Ayam ini banyak dikembangkan di daerah Kedu Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Warna kulit dan daging kebanyakan berwarna gelap, sehingga kurang disukai konsumen.

Ayam Merawang

Ayam Merawang mempunyai ciri khas warna bulu dominan kuning kemerahan dengan kulit dan daging berwarna kuning. Perawakan relatif lebih gemuk dibandingkan dengan ayam kampung.

Produksi telur relatif sama dengan produksi ayam kampung. Ayam ini berasal dari Kecamatan Merawang, pulau Bangka Provinsi Bangka Belitung. Konon ayam ini berasal dari Tiongkok yang dibawa ke pulau Bangka beberapa ratus tahun yang lalu. Ternak Ayam
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Mengenal Ayam Pelung, Kedu, dan Merawang Silahkan baca artikel Ternak Ayam Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Mengenal Ayam Pelung, Kedu, dan Merawang Sebagai sumbernya

0 Response to "Mengenal Ayam Pelung, Kedu, dan Merawang"

Post a Comment

Cara Beternak Lainnya