Mengenal Bangsa-Bangsa Ayam

Ternak Ayam ~ Melanjutkan postingan saya sebelumnya yaitu tentang Cara Berternak Ayam Dengan Baik, kali ini saya akan membahas tentang Mengenal Bangsa-Bangsa Ayam. Sering timbul pertanyaan bangsa ayam manakah yang menguntungkan bagi seorang pengusaha.


Jawabannya adalah peliharalah bangsa ayam yang menguntungkan. Sebenarnya setiap bangsa ayam yang produktif itu dapat memberikan keuntungan asal saja diusahakan menurut cara-cara yang tepat, serta sesuai dengan keadaan setempat, bahan makanan selalu tersedia serta kondisi pemasaran yang baik.


Sebelum memilih bangsa ayam manakah yang akan diternakkan, marilah kita dahulu tinjau klasifikasinya. Standar klasifikasi disebut kelas (class) biasanya dipergunakan untuk menunjukkan golongan bangsa yang berada disuatu daerah tertentu yang diakui oleh dunia internasional. Di dunia ini ada kelas-kelas Asia, Mediterania, Inggeris, Belanda, Australia, dan sebagainya. Didalam setiap kelas terdapat bangsa-bangsa yang mempunyai bentuk dan besar yang sama.

Bangsa-Bangsa Ayam Dari Luar Negeri Yang Dimasukkan Ke Indonesia

Kelas Asia 
  • Brahmaputra
  • Cochin China
  • Langshan
Kelas Amerika 
  • Plymouth Rock
  • Rhode Island Red
  • Wyandotte
  • New Hampshire
Kelas Australia 
  • Australorp
Kelas Inggeris 
  • Orpington
  • Sussex
Kelas Belanda 
  • North Holland Blue (NHB)
Kelas Mediterranis 
  • Leghorn (Italia)
  • Minorca (Spanyol)
Marilah kita tinjau beberapa bangsa ayam diantara banyak bangsa ayam yang ada terutama mengenai sifat-sifat baiknya dan sifat-sifat jeleknya. Dari daftar dibawah ini dapatlah memilih bangsa ayam mana yang disenangi. Menurut daftar ini tidak ada jenis yang sempuna. Tetapi dapatlah untuk mengambil bangsa ayam yang disenangi dengan tidak banyak sifat-sifat jeleknya yang tidak diharapkan.

Bangsa Ayam Leghorn

Bangsa ayam leghorn mempunyai sifat petelur yang baik, kematian yang rendah, bertelur pertama pada usia yang muda (5 ½ - 6 bulan) telur berwarna putih, berat telur 60 gram, makan tidak banyak, mudah diternakkan, rata-rata setahun 250 – 300 telur. Sedangkan sifat jeleknya ialah jenis kecil dan bila selesai bertelur tidak memuaskan bila dijual, lambat tumbuh, kwalitas daging rendah, punya sifat pengecut.

Bangsa Ayam Roode Island Red

Bangsa ayam roode island red mempunyai sifat petelur yang baik, kematian juga rendah, banyak daging setelah selesai bertelur, warna telur cokelat, dan mulai bertelur pada usia 6 sampai 6 ½ bulan. Sementara sifat jeleknya ialah lebih banyak makan, pertumbuhannya lambat, dan memerlukan tempat yang luas dalam kandang.

Bangsa Ayam Plymouth Rock

Bangsa ayam Plymouth rock memiliki tipe daging dan telur yang baik, pertumbuhannya cepat, ayam jenis besar kurang lebih 3 kg. kejelekannya ialah telurnya kecil, angka kematian yang tinggi, dan ongkos pemeliharaan yang mahal.

Bangsa Ayam Australorp

Ayam Australorp lekas besar, telurnya 200 dalam setahun, sedangkan keburukannya sukar berbiak, butuh lapangan yang luas untuk kandang, dan telurnya kecil-kecil.

Pilihlah jenis-jenis ayam tersebut yang baik untuk anda dalam memeliharanya dan tentunya dapat menguntungkan bagi anda. Sekian !!!
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Mengenal Bangsa-Bangsa Ayam Silahkan baca artikel Ternak Ayam Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Mengenal Bangsa-Bangsa Ayam Sebagai sumbernya

0 Response to "Mengenal Bangsa-Bangsa Ayam"

Post a Comment

Cara Beternak Lainnya