Cara Mengobati Penyakit Coccidiois Pada Ayam

Cara Mengobati Penyakit Coccidiois Pada Ayam ~ Penyakit ini dikenal dengan penyakit berak darah.


Penyakit ini sangat dikenal di peternak-peternak ayam karena kejadiannya sering dan sering memakan korban banyak anak-anak ayam dibawah umur 2 bulan, meskipun penyakit ini dapat juga menyerang ayam-ayam dewasa.

Gejala Penyakit Coccidiois Pada Ayam

  • Ayam lemah, lesu, nafsu makan berkurang
  • Bulu kusam, sayap menggantung bahkan bulu-bulu berdiri seperti kedinginan
  • Posisi ayam berdiri sering membungkuk seperti menahan sakit perut
  • Kotoran encer berwarna merah, kemudian menjadi merah kehitaman
  • Pengamatan bedah bangkai terlihat radang usus halus atau usus buntu dengan pendarahan yang jelas terlihat.

Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Coccidiois Pada Ayam

Penyebab penyakit ini adalah Protozoa coccidian, yang cepat menular terutama pada kondisi cuaca basah atau lembab. Protozoa ini menyerang sel-sel mukosa usus dan menimbulkan peradangan dan pendarahan. Pencegahan dilakukan terutama dengan sanitasi kandang, dijaga agar kotoran tidak mencemari pakan dan air minum.

Pemberian suplemen vitamin pada cuaca lembab dapat meningkatkan ketahanan tubuh ayam. Pemberian obat anti koksidiosis pada anak-anak ayam umur 7 hari dapat mengurangi serangan penyakit kemudian diulang lagi dan diwaktu terjadi wabah, seluruh ayam dapat diberi obat koksidiosistat sesuai dosis yang dianjurkan.

Pengobatan pada ayam-ayam yang terserang dapat dilakukan dengan memakai obat-obat tersedia di toko unggas dengan dosis dan pemberian sesuai anjuran.

Ayam-ayam sakit tersebut diisolir dari ayam sehat, kandang ayam yang sakit sebaiknya setiap hari dibersihkan. Pemberian pakan dengan gizi baik pada ayam-ayam sakit dapat memperkuat tubuh.
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Cara Mengobati Penyakit Coccidiois Pada Ayam Silahkan baca artikel Ternak Ayam Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Cara Mengobati Penyakit Coccidiois Pada Ayam Sebagai sumbernya

1 Response to "Cara Mengobati Penyakit Coccidiois Pada Ayam"

  1. Cara Mengobati Penyakit Coccidiois Pada Ayam
    judi sabung ayam
    Daftarkan diri anda dan teman anda bersama BOLAVITA

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    whatup : 08122222995

    ReplyDelete

Cara Beternak Lainnya