Cara Mengobati Penyakit Kutu dan Gurem Pada Ayam


Ternak Ayam ~ Kutu dan gurem ini sering terdapat pada tubuh ayam. Kutu dan gurem merupakan parasit yang menggangu ayam dengan mengisap darah sehingga menimbulkan gatal-gatal. Kutu ayam tinggal pada tubuh ayam, melekat pada pangkal bulu, dan kulit ayam.


Gurem biasanya pada siang hari bersembunyi pada tempat-tempat yang gelap, lipatan kayu kandang dan di bawah sarang.

Gejala Kutu dan Gurem Pada Ayam

Ayam yang terkena kutu dan gurem terlihat tidak tenang, selalu gelisah karena terganggu oleh gigitan kutu dan gurem, sehingga nafsu makan berkurang diikuti dengan pertumbuhan, produksi telur yang menurun.

Penyebab, pencegahan, pengobatan Kutu dan Gurem Pada Ayam

Penyebab penyakit ini adalah kutu dan gurem (lice, flea dan bug). Mereka termasuk kelas insekta. Berbagai jenis kutu yang teridentifikasi , diantaranya adalah Cuclotogaster heterographa (kutu kepala ayam), Lipeurus caponis (kutu sayap ayam) dan sebagainya, berukuran sekitar 1 – 6 mm.

Kutu berbentuk bulat pipih berkaki 3 pasang. Jenis gurem sarang (Cimex lectularius) merupakan gurem umum sering ditemukan berukuran 2-5 mm panjang dan 1.5 – 3 mm lebar mempunyai kaki 3 pasang. Sanitasi kandang dan penyemprotan kandang dengan insektisida secara teratur dapat mengusir dan memusnahkan kutu dan gurem.

Pengobatan pada ayam yang terserang kutu atau gurem dapat dilakukan dengan pemberian bedak khusus, yang biasa dipergunakan untuk mengusir kutu hewan peliharaan seperti anjing atau kucing. Pemberian daun jeruk atau daun sereh dalam sarang, menurut pengalaman di masyarakat pedesaan, dapat mengusir gurem.
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Cara Mengobati Penyakit Kutu dan Gurem Pada Ayam Silahkan baca artikel Ternak Ayam Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Cara Mengobati Penyakit Kutu dan Gurem Pada Ayam Sebagai sumbernya

0 Response to "Cara Mengobati Penyakit Kutu dan Gurem Pada Ayam"

Post a Comment

Cara Beternak Lainnya